Nokia Habis-habisan Bela Symbian





Masa depan OS Symbian menemui titik terang. Nokia memutuskan akan mengambil alih sepenuhnya pengembangan sistem operasi tersebut dan berjanji habis-habisan membela Symbian.



Symbian Foundation akan bertransisi dari peran sebagai pengendali perkembangan Symbian, menjadi lembaga pengurus lisensi Symbian saja. Lembaga ini bakal mengurus perizinan jika ada yang berminat memakai Symbian selain Nokia.



Seperti detikINET kutip dari TechRadar, Selasa (9/11/2010), Nokia akan mengontrol penuh arah pengembangan platform Symbian mulai bulan April 2011.



Langkah Nokia ini dipandang tidak mengagetkan. Ben Wood, analis CSS Insight menyatakan Nokia salah mengkalkulasi sehingga membuat Symbian open source. Padahal, dukungan dari vendor lain ternyata minim sehingga Nokia tetap yang paling bekerja keras.



Sinar Symbian memang perlahan pudar meski sejatinya masih jadi OS paling banyak dipakai di dunia. Belum lama ini, Samsung dan Sony Ericsson sudah mengucapkan selamat tinggal kepada Symbian.



Namun Nokia masih tetap percaya diri mengandalkan Symbian. Mereka juga baru meluncurkan ponsel andalan dengan Symbian 3, Nokia N8.