Film-film asing yang membawa unsur Indonesia

1. ANACONDA 2: THE HUNT FOR THE BLOOD ORCHID
http://hermawayne.blogspot.com
Sekuel Anaconda ini bercerita tentang sekelompok ilmuwan yang melakukan ekspedisi untuk mencari anggrek berdarah yang langka yang dipercaya bisa membuat awet muda. Anggrek tersebut berada di suatu lokasi yang sangat terpencil yang dipenuhi oleh sejumlah flora dan fauna yang aneh-aneh, dan tentu saja si Anacondanya sendiri yang jumlah dan ukurannya sangat tidak biasa. Kalau hanya itu saja, orang mungkin akan menyangka bahwa setting lokasinya berada di pedalaman Afrika atau lembah Amazon yang memang terkenal tak tersentuh oleh manusia.

Tapi, ya ternyata disebutkan bahwa ujung dunia tersebut adalah Borneo (Kalimantan), tapi konyolnya kondisi flora dan faunanya malah menggambarkan hutan amazon. Trus diceritakan menyusuri Sungai Mandranang dari Kota Baru (padahal gak ada sungai mandranang). Trus, Kota Baru tuh adanya di Pulau Laut Kalsel bukan di Kalimantan daratan. Trus ada lagunya Iwa K di sana yang berjudul Nombok Donk.

2. AROUND THE WORLD IN 80 DAYS (versi klasik)
http://hermawayne.blogspot.com
Di situ diceritain sebelum mereka berangkat, mereka milih negara mana yang dituju lewat brosur-brosur yang ada di travel agen. Salah satu brosur tentang Bali. Di film itu dibilang kalau Bali adalah pulau surga dengan perempuan berdada terbuka. Paling gak, ini sama kayak yang diceritain sama Adrian Vickers di bukunya, Bali; A Paradise Created tentang brosur wisata pertama tentang Bali yang dibikin sama agen travel Belanda tahun 1914. Nah, makanya brosur yang ada di film itu masuk akal. mengingat filmnya juga klasik.

3. AUTUMN IN NEW YORK
http://hermawayne.blogspot.com
Ada adegan dalam film ini waktu ceweknya sakit parah dan mau meninggal, intinya Richard Gere bilang kalau dia masih pengen ngajakin ceweknya itu keliling dunia, dan Bali disebut-sebut.

4. BATS (1999)
http://hermawayne.blogspot.com
Lagi-lagi Indonesia "dilibatkan" dalam sebuah eksperimen keblinger. Kelelawar-kelelawar yang dijadikan bahan percobaan oleh pemerintah dalam film ini berubah menjadi hewan yang beringas dan menyerang penduduk kota. Mau tahu dari mana asal kelelawar tersebut? Ya, Indonesia. Bahkan 2 kelelawar yang jadi "bintang" dalam film ini diambil langsung dari negara kita.

5. BRAINDEAD (1992)
http://hermawayne.blogspot.com
Ini adalah filmnya Peter Jackson sebelum terkenal. Braindead a.k.a Dead Alive sebuah horor komedi yang mengerikan dan menjijikan. Virusnya berasal dari kera Sumatra.

6. CHILDREN OF MEN
http://hermawayne.blogspot.com
Ada berita Jakarta kolaps di TV (seluruh dunia sih yang kolaps, trus Jakarta ikutan nongol deh).

7. DIE HARD I
http://hermawayne.blogspot.com
Dalam film ini Takagi, si pengusaha yang punya Nakatomi Plaza, mau bikin usaha kilang minyak di Sumatra atau Jawa.

8. DEVIL'S ADVOCATE
http://hermawayne.blogspot.com
Dalam film ini, Al Pacino sempet nyebut soal perdagangan senjata di Jakarta.

9. DUNSTON CHEK IN
http://hermawayne.blogspot.com
Film komedi yang mengisahkan seorang anak kecil dan monyetnya yang cerdas tanpa sengaja berhasil menggagalkan perampokan permata di Hotel Hilton, dan sebagai imbalan mereka boleh berlibur gratis di Hilton Bali. Yang bikin aneh adalah meskipun suasananya adalah Bali, lengkap dengan pantai dan pohon kelapa dan nuansa Bali lainnya, tapi orang-orangnya semuanya memakai kimono dan berbahasa Jepang!

10. ELEKTRA
http://hermawayne.blogspot.com
Gelang yang dia pakai berasal dari Indonesia.

11. FRIDAY THE 13TH
http://hermawayne.blogspot.com
Di film ini ada adegan saat ditampilkan di gudangnya ada topeng leak Bali.

12. 28 DAYS LATER
http://hermawayne.blogspot.com
Di film 28 Days later, di awal film, waktu para monyet di laboratorium disuguhi adegan kekerasan, salah satunya ada adegan dari kerusuhan Mei 98 di Indonesia.

13. Eat Pray Love
http://hermawayne.blogspot.com
Yang bintangnya Julia Robert, settingnya di Bali.

14. Alice In Wonderland (2010)
http://hermawayne.blogspot.com
Alice nyebutin sumatra dan borneo (bukan Jakarta) sambil buka peta Indonesia (tepatnya pulau Sumatera).

15. 3000 MILES TO GRACELAND
http://hermawayne.blogspot.com
Film yang dibintangi Kevin Costner ini pas lagi ledakin pom bensin pake puntung rokok Djarum Super Made in Indonesia.

16. xXx
http://hermawayne.blogspot.com
Di soundtracknya pas waktu habis terjun di ladang kokain ada kalimat tentang Indonesia, yang nyanyi itu `Fermin Iv' judulnya 004 (cero cero cuatro): en el bar Fly pasa lo mismo, algo me lleva a una tienda de ropa de Indonesia, ¡Bamboleo!. Kalau tidak salah, itu bahasa Spanyol yang artinya dalam bahasa Inggris kurang lebih seperti ini : In the bar Fly it happens the same, something takes me to a store of clothes of Indonesia.

17. The Wild
http://hermawayne.blogspot.com
Dalam film kartun ini, seorang reporter mamalia, sering keliling dunia ngeliput satwa, salah satunya pernah ke Indonesia. Bahkan kera (si Darwin) yang ngikutin mereka didapat dari Borneo (Kalimantan) .

18. ITALIAN JOB
http://hermawayne.blogspot.com
Dalam film ini digambarkan batangan emasnya bergambar the Bali dancers. Emas di Italian Job memang ceritanya berasal dari tambang emas di Indonesia. Mungkin di filmnya gak terlalu spesifik, tapi di trailernya, si narator menyebut kalau emas ini diambil dari tambang di Indonesia.

19. WEDDING PLANNER
http://hermawayne.blogspot.com
Ceritanya si Jennifer Lopez jadi wedding planner yang nyusun perkawinan salah satu pelanggannya honeymoon ke Bali.

20. JUMANJI (1995)
http://hermawayne.blogspot.com
Permainan berbahaya yang dimainkan oleh Robin Williams ini, pada salah satu adegannya diceritakan bahwa ia kembali ke dunia nyata dengan berpakaian compang-camping dan bertingkah seperti orang sakit jiwa yang membahayakan lingkungannya. Kirsten Durnst berkata kepada polisi bahwa Williams adalah pamannya yang berasal dari Indonesia, sehingga polisi tidak jadi menangkapnya. Jumanji itu sendiri diceritakan permainan yang berasal dari Kalimantan, yang ditimpali Kirsten Dunts bilang gini "Sounds like Indonesian name".

21. KING KONG (1933 dan 2005)
 http://hermawayne.blogspot.com http://hermawayne.blogspot.com
Dibintangi oleh Adrien Brody, Naomi Watts, dan Jack Black, Indonesia digambarkan sebagai suatu negeri antah berantah yang primitif dan terbelakang, yang jauh berada nun jauh di sana, yang dihuni oleh binatang langka berjuluk King Kong dan penduduk pribumi yang sangat barbar, di Pulau Tengkorak (Skull Island), yang dikisahkan di sebelah barat Sumatera. Kapalnya juga bernama "Soerabaja", tertulis di buritan kapal. Sedangkan syuting mengenai pulau itu dibuat di wilayah Thailand Selatan dan di Lyall Bay, Wellington. Padahal kalau melihat peta yang tercantum di film King Kong itu, Pulau Tengkorak itu tak lain adalah Pulau Nias.

22. THE KINGDOM
http://hermawayne.blogspot.com
Film ini tentang aksi terorisme di Arab Saudi dan diceritakan ancaman tentang aliran dana group radikal mengalir ke Jakarta.

23. KRAKATOA: EAST OF JAVA (1969)
http://hermawayne.blogspot.com
Nih film salah lokasi dan judulnya kali ya, harusnya "Krakatoa, West of Java"

24. LEGENDS OF THE FALL
http://hermawayne.blogspot.com
Si Brad Pitt diceritakan merantau ke berbagai tempat termasuk Sumatera dan Jawa. Bahkan dia dapat kalung gigi babi hutan dari Jawa.

25. LETHAL WEAPON 4 (1998)
http://hermawayne.blogspot.com
Dalam salah satu adegannya, Danny Glover memaki-maki dengan mimik khasnya, "Kapal bodoh ini dibuat oleh seorang yang berasal dari Indonesia". Wah, ngeselin banget ya. Ceritanya imigran china yang diselundupkan pake kapal yang diatasnamakan sebuah perusahan di Indonesia, (tapi fiktif). Coba deh perhatikan waktu Mel Gibson and the geng lagi ngobrol di markas sebelum menyerbu Uncle Benny. Jadi, Indonesia digambarkan sebagai negara yang "selalu bikin kacau".

26. MATA HARI
http://hermawayne.blogspot.com
Film ini ceritanya tentang mata-mata (spy) Belanda (dan Inggris) keturunan Jawa-Belanda yang lahir di Jawa. Film ini berlatar belakang PD II dan judulnya sama dengan nama si mata-mata ini. Cewek yang memanfaatkan sensualitasnya buat nyari data dari musuh.

27. THE SAINT
http://hermawayne.blogspot.com
Dalam film ini waktu pemeran utamanya nerima e-mail dari laptop, di situ ada tulisan Bali Indonesia dan Jakarta.

28. NEEDFULL THING
http://hermawayne.blogspot.com
Film tentang iblis yang membuat kacau sebuah kota yang damai. Iblis yang mengadu domba seluruh penduduk 1 kota. Pemain utamanya seorang polisi. Di akhir film si iblis bersumpah akan membalas dendam, dengan bekerja sama dengan anak si polisi itu di masa depan (2014), di Jakarta.

29. NEVER BEEN KISSED
http://hermawayne.blogspot.com
Dalam film ini pas adegan di kelas, guru geografinya ngasih pelajaran mengenai pulau Bali sebagai "The island nation of Bali". Waktu Drew Barrymore untuk pertama kalinya masuk kelas nyamar sebagai wartawan yang jadi murid SMU, trus gurunya nyebutin Bali itu sebagai salah satu budaya di dunia.

30. NO RESERVATIONS
http://hermawayne.blogspot.com
Dalam film ini ada scene pas si Kate (Catherine Zeta Jones) beli bumbu dapur (rempah-rempah) untuk bikin resep rahasianya. Trus di sebelah toko itu ada restoran Indonesia 'Groceries for Indonesia'.

31. NOTHING HILL
http://hermawayne.blogspot.com
Dalam film ini ada adegan buku yang direkomendasikan Hugh Grant pada Julia Robert, yaitu tentang pulau Bali.

32. POINT BREAK
http://hermawayne.blogspot.com
Film yang dibintangi sama Keanu Reeves bercerita tentang agent CIA yang ngejar penjahatnya seorang surfer sampai ke Sumatra, Bali, dan akhirnya di Australia saat penjahatnya mau surfing pada saat ada badai.

33. PROOF OF LIFE
http://hermawayne.blogspot.com
Cerita tentang agen khusus pembebasan sandera, salah satu target operasinya adalah di Indonesia (Jakarta).

34. SNAKE ON THE PLANE
http://hermawayne.blogspot.com
Film itu lakonnya mau liburan di Bali. Dengan jeLas beberapa kali disebut salah satu tempat di Indonesia yakni Bali. Bahkan beberapa kali pantai Kuta dengan ombak surfingnya dishoot, ada dalam scene awal dan akhir-akhir film. Akhir film, Samuel L. Jackson sama si anak itu surfing di Bali.

35. SPIDERMAN 2
http://hermawayne.blogspot.com
Dalam film ini ada adegan yang menampilkan topeng barong dari Bali di kamar Orsborne waktu dia mengira dimana keluarnya suara Green Goblin.

36. STRANGERS WITH CANDY
http://hermawayne.blogspot.com
Ini film garing yang kira-kira dialognya:
Cewe: Where you're from?
Cowo: Jakarta, Indonesia.
Cewe: What's your name?
Cowo: Megawati soekarnoputri.
Cewe: ?? (sambil ngeliat bingung ke cowo itu)
Cowo: What? it's a common name in Indonesia.

37. THE SWEETEST THING (2002)
http://hermawayne.blogspot.com
Dalam film drama psikologi ini, si cantik Cameron Diaz ternyata juga "bermulut sampah" saat mengeluh karena teman-temannya selalu saja membuat ulah dan mengacau. Dengan enteng dia berkomentar, "Kalian ini bikin kacau saja seperti Indonesia". Selain itu, waktu Christina Applegate masuk apartemen dan ngeliat apartemennya berantakan dipake ML gila-gilaan oleh Selma Blair, Christina bilang gini "This place is a mess like Indonesia". Jadi, ruangan kayak kapal pecah itu disamakan kaya Indonesia

38. TALADEGA NIGHT: THE BALLAD OF RICKY BOBBY
http://hermawayne.blogspot.com
Another film kocak dari Will Ferell. Ada adegan suporter/anak-anaknya neriakin musuh dengan kata-kata "send that freak back to Indonesia!". Padahal si freak itu sendiri orang Prancis yang gay.

39. TOUTE LA BEAUTE DU MONDE
http://hermawayne.blogspot.com
Film Perancis ini syutingnya di Perancis, Bali, Lombok dan Thailand. Musik latarnya pake lagu Anang dan Krisdayanti dan satu lagu Mayangsari.

40. THE CONDEMNED (2007)
http://hermawayne.blogspot.com
Dalam fim yang dibintangi oleh Steve Austin ini bercerita tentang seorang produser TV yang membuat reality show tentang 10 orang yang dipaksa berkelahi. Kesepuluh orang tersebut adalah terpidana mati yang dibeli dari negara-negara dunia ketiga. Mereka akan ditempatkan di pulau terpencil, dan harus membunuh satu sama lain. Satu pemenang tersisa akan dibebaskan dari penjara dan terhindar dari eksekusi. Nah, dalam acaranya itu berada di lintang perairan Indonesia, karena banyak pulau-pulau kecil tidak berpenghuni.

41. THE YEAR OF LIVING DANGEROUSLY (1982)
http://hermawayne.blogspot.com
Film ini berkisah tentang seorang wartawan yang dikirim untuk bertugas di Jakarta pada tahun 1965-1966. Saat itu, Indonesia yang dipimpin oleh Presiden Soekarno sedang mengalami krisis politik dan ekonomi. Tak heran, situasi Jakarta digambarkan sangat kacau, lengkap dengan embel-embel penduduk yang merana karena kelaparan. Dimeriahkan oleh akting dari Mel Gibson dan Sigourney Weaver.

Syutingnya sendiri dilaksanakan di Bangkok, karena tidak diijinkan pemerintah di Jakarta. (tanya kenapa?). Hehehe. Akibatnya meski ada beberapa dialog menggunakan Bahasa Indonesia, namun karena aktornya adalah orang Bangkok, maka ucapannya terdengar aneh di telinga. Adegan yang paling terkenal sewaktu temennya Mel Gibson, Billy Kwan (ni artis cewek cuman di film ini main jadi cowok) ngegantungin spanduk di Hotel Indonesia (ceritanya) dengan tulisan SOEKARNO FEED YOUR PEOPLE. Saat Oscar 1982, film ini menang untuk artis terbaik Linda Hunt. Fim ini gak cuman nyebutin Indonesia tapi tentang Indonesia. Jadi, dalam film ini, Indonesia digambarkan sebagai negara penuh konflik.

42. THE ISLAND OF DR. MOREAU (1996)
http://hermawayne.blogspot.com
Film tentang obsesi seorang ilmuwan sinting untuk menggabungkan manusia dan hewan menjadi suatu spesies baru. Lokasi penelitiannya berada di suatu pulau terpencil di kawasan Indonesia Timur. Setting dan kisah film ini sebenarnya tidak perlu "diambil hati" kalau saja yang membuatnya bukan sutradara kawakan John Frankenheimer.

Untuk mempertegas posisi Indonesia-nya, bahkan kapalnya bernama "Ombak Penari" terus si awak kapalnya pas dah mau nyampe di pulau itu ada yang ngomong pake Bahasa Indonesia. Padahal nama kapal itu terbalik. Dalam versi novel yang ditulis H.G. Wells, kapal yang ada di film ini bernama Ipencacuanha. Di versi film, nama kapalnya berubah menjadi Ombak Penari yang diambil dari kata Wave Dancer. Padahal disesuaikan dengan grammar, seharusnya terjemahannya adalah Penari Ombak.

43. THE SILENCE OF THE LAMBS
http://hermawayne.blogspot.com
Dalam film yang thriller psikologi yang dibintangi Jodie Foster ini ada adegan dimana di sweater orang yang diculik kanibal itu tertulis "MADE IN INDONESIA". Apakah image Indonesia sudah sebagai negara yang banyak penculikan atau karena kita produsen tekstil?