Pesan Sang Ayah...(Sebuah Inspirasi..)

http://3.bp.blogspot.com/-6jLHkmFi-Nk/TZ7CY_IRoVI/AAAAAAAAAA4/K38Cqo9cRqc/s1600/father-and-son.jpg
*Dahulu kala ada 2 orang kakak beradik.
Sebelum meninggal, ayah mereka
berpesan dua hal :
*
*- Jangan menagih hutang kepada orang
yang berhutang kepadamu

- Jika mereka pergi dari rumah ke toko
jangan sampai mukanya terkena sinar
matahari.
*
*Waktu berjalan terus.
Dan kenyataan terjadi, bahwa beberapa
tahun setelah ayahnya meninggal anak
yang sulung bertambah kaya sedang yang
bungsu menjadi semakin miskin.
*

*Ibunya yang masih hidup menanyakan hal
itu kepada mereka.
*

*Jawab anak yang bungsu :
Inilah karena saya mengikuti pesan
ayah. Ayah berpesan bahwa saya tidak
boleh menagih hutang kepada orang yang
berhutang kepadaku, dan sebagai
akibatnya modalku susut karena orang
yang berhutang kepadaku tidak membayar
sementara aku tidak boleh menagih.
Juga ayah berpesan supaya kalau saya
pergi atau pulang dari rumah ke toko
dan sebaliknya tidak boleh terkena
sinar matahari.
Akibatnya saya harus naik becak atau
andong.
Sebetulnya dengan jalan kaki saja
cukup, tetapi karena pesan ayah
demikian maka akibatnya pengeluaranku
bertambah banyak.
*

*Kepada anak yang sulung yang bertambah
kaya, sang ibupun bertanya hal yang
sama.
*

*Jawab anak sulung :
Ini semua adalah karena saya mentaati
pesan ayah.
Karena ayah berpesan supaya saya tidak
menagih kepada orang yang berhutang
kepada saya, maka saya tidak
menghutangkan sehingga dengan demikian
modal tidak susut.
Juga ayah berpesan agar supaya jika
saya berangkat ke toko atau pulang
dari toko tidak boleh terkena sinar
matahari, maka saya berangkat ke toko
sebelum matahari terbit dan pulang
sesudah matahari terbenam.
Akibatnya toko saya buka sebelum toko
lain buka, dan tutup jauh sesudah toko
yang lain tutup.
Sehingga karena kebiasaan itu, orang
menjadi tahu dan tokoku menjadi laris,
karena mempunyai jam kerja lebih lama.*

*Bagaimana dengan anda ?*

*Kisah diatas menunjukkan bagaimana
sebuah kalimat di tanggapi dengan
presepsi yang berbeda, jika kita
melihat dengan "_POSITIF ATTITUDE_" maka
segala kesulitan sebenarnya adalah
sebuah perjalanan membuat kita sukses
tetapi kita bisa juga terhanyut dengan
adanya kesulitan karena rutinitas
kita ..
*
*Pilihan ada di tangan kita....