Mirrari, Mobil Terkecil Di Dunia


Okayama - Apa yang dilakukan mahasiswa di luar jam sekolah. Sebaik membuat sesuatu yang bermanfaat. Seperti siswa-siswi sebuah sekolah di Jepang yang berhasil menciptakan sebuah mobil terkecil di dunia.

Siswa dari Okayama Sanyo High School jurusan otomotif ini berhasil membuat mobil terkecil di dunia yang dinamai "Mirari". Tinggi Mobil Mirari bahkan mengalahkan tinggi Flatmobile yang dibuat oleh Perry Watkins yang sempat masuk rekor dunia Guinness sebagai mobil terpendek pada 2008 lalu.

Bila Perry Watkins sanggup membuat mobil setinggi 48 sentimenter, generasi baru Jepang ini berhasil membuat mobil setinggi 45 sentimeter atau hanya beberapa senti lebih pendek dari hasil karya Perry Watkins.

Seperti dikutip dari automotto, Rabu (16/2/2011) selain unik karena ukurannya, secara teknologi pun Mirari yang memiliki arti 'masa depan' ini juga tergolong inovatif dengan dukungan 6 baterei listrik untuk menggerakkan keempat kakinya.

Inovasi para siswa ini lebih baik dibanding dengan Flatmobile yang masih menggunakan mesin bensin.

Sementara untuk mereduksi bobotnya, para siswa itu menggunakan bahan plastik yang disebut Fiber Reinforced Plastic (FRP) untuk menutupi rangka mungil Mirari. Tampilan eksterior dibuat se-sporty mungkin dan disematkan lampu LED.

Dan saking kecilnya mobil Mirari, mobil ini hanya sanggup menampung satu orang pengendara di satu kursi yang diletakan di tengah sasis. Dengan itu, Mirari bisa berjalan hingga kecepatan 50 km/jam.